• (0295) 6980441
  • aksirembang.semenindonesia@gmail.com

Peresmian Akademi Komunitas Semen Indonesia Rembang

Akademi Komunitas Semen Indonesia (AKSI) Rembang dan AKSI Pidie Aceh diresmikan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia. Peresmian dilakukan di halaman parkir Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTPSP NAKER) Kabupaten Rembang, Kamis (4/5).

Dalam acara tersebut Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia yang diwakili oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo, menjelaskan bahwa dengan berdirinya AKSI di Rembang ini menjadi salah satu hal yang membanggakan. Sebab nanti keluaran dari akademi vokasi ini adalah tenaga siap kerja.

“Jadi dengan adanya AKSI di Rembang dan Aceh yang merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, ini akan mengurangi pengangguran,” jelas Patdono.

Ia juga mengungkapkan masyarakat juga harus mengawasi adanya AKSI di Rembang ini jika ada yang salah bisa dilaporkan. Sebagai sekolah vokasi adalah sekolah yang 30 persen teori dan 70 persen praktik. “Saya yakin nanti PT SI akan serius mengelola sekolahan ini, yang perlu diingat tenaga di AKSI sebagai pendidikan vokasi adalah 50 persen tenaga akademik dan 50 persen sisanya adalah pendidik lapangan yang harus seimbang,” jelasnya.

Selain dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia hadir pula, Direktur Sumber Daya Manusia dan Hukum PT SI Agung Yananto dan Komisaris Utama PT SI, Sutiyoso serta Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Dalam sambutannya Agung Yananto menyampaikan ini menjadi bagian dari niat baik PT SI untuk menjadikan anak bangsa lebih baik dan memiliki daya saing yang siap kerja. Sedangkan Sutiyoso mengapresiasi adanya AKSI tersebut. “Ini menjadikan bukti bahwa pemerintah, masyarakat dan PT SI di Rembang bisa berkerjasama untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik,” jelas Sutiyoso.

Direktur Aksi Rembang, Sugihariyadi yang ditemui sebelum acara menjelaskan bahwa AKSI ini merupakan kerjasama CSR PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam bidang pendidikan. “Aksi ini sebagai sebagai lembaga pendidikan vokasi yang menghasilkan tenaga terampil, dan mampu bersaing di dunia kerja, jurusan AKSI Rembang ada tiga yaitu Teknik Operasi Mesin (TOM), Teknik Perawatan Mesin (TPM), dan Otomasi Perkantoran (OPK),” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *